Jumat, 19 Mei 2017

Ulasan 2 - Week 03


Kali ini saya akan membahas mengenai proses booting pada linux. Saya mengggunakan video dari Computer's Education (url: https://youtu.be/4uSYzOIpcVk) agar pembaca dapat lebih mudah memahami proses booting pada linux. Video dengan judul "What is Booting Explained must watch" ini berdurasi selama 7 menit 33 detik. Video ini akan menjelaskan satu-persatu proses booting pada linux secara rinci. Seluruh penjelasan dalam video ini dapat membantu pembaca untuk lebih memahami bagaimana proses booting pada setiap tahapannya.

Dalam video ini dijelaskan bahwa 3 proses utamanya adalah BIOS, bootloader, dan kernel. Tahapan pertama adalah BIOS (Basic Input Output System) yang dilakukan saat kita menyalakan komputer. Dalam BIOS sendiri ada tahapan-tahapan lain didalamnya. Tahapan utama yang kedua adalah bootloader adalah kode yang harus dieksekusi sebelum sistem operasi berjalan. Pada bootloader juga ada tahapan yang harus dijalankan didalamnya. Tahapan utama terakhir adalah kernel yang berfungsi sebagai perantara antara perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer. Kernel merupakan tahapan terakhir pada proses booting.

Menurut saya, video ini sangat menarik karena membuat proses booting lebih mudah dipahami. Penjelasan yang diberikan sangat rinci namun tidak bertele-tele. Namun menurut sayang video ini kurang animasi sehingga bisa membuat bosan orang yang menonton. Secara keseluruhan, tampilan yang sederhana membuat saya lebih mudah memahami tahapan-tahapan yang ada di proses booting.

GITHUB Account : anishaeva
URL Ulasan :  http;//anishaevafarida.blogspot.com/2017/05/ulasan-2-week-03.html
URL Konten Youtube : https://youtu.be/4uSYzOIpcVk
Video Author : Computer's Education
Pemetaan Konten : week03
Revisi Pertama : 19 Mei 2017
Revisi Terakhir : 19 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar